UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA QS.AL- INSYIROH MELALUI METODE IQRA’

Authors

  • Napsah SMP Negeri 20 Muaro Jambi, Jambi

Keywords:

Kemampuan Membaca, Metode Iqro

Abstract

Pelajaran Al-Qur’an  pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki kepentingan tersendiri dalam kaitannya dengan tujuan pembelajaran  di tingkat SMP, yaitu agar peserta didik gemar membaca A-Qur’an dengan benar, serta mempelajarinya, memahami, meyakini kebenarannya, dan mengamalkan ajaran-ajaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh aspek kehidupannya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah: a) bagaimana penerapan metode iqra’  pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya pada materi  QS. At-Tiin? b) Bagaimanakah  hasil  metode iqra’ terhadap peningkatan kemampuan memabaca  QS. At-Tiin?

Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk mendapatkan gambaran tentang: a) gambaran obyektif dari penerapan metode iqra’ pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  khususnya pada materi  QS. At-Tiin. b) hasil  metode iqra’ terhadap peningkatan kemampuan memabaca  QS. At-Tiin

Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 20 Muaro Jambi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, yaitu kondisi awal kemampuan siswa rata- rata belum memahami sepenuhnya tentang bacaan tajwid dan makharijul huruf,rata-rata kemampuan siswa mempunyai kemampuan sedang  75,%, pada  siklus I dapat ditingkatkan rata-rata menjadi 58,33 %, pada siklus II rata-rata kemampuan siswa menjadi 62,55%, pada siklus III rata-rata kemampuan siwa menjadi 91,67%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode iqra’ dapat berpengaruh positif terhadap Kemampuan Membaca QS. At-Tiin Kelas IX C SMP Negeri 20 Muaro Jambi.

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles