PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CROSS WORD PUZZLE PADA MATERI IMAN KEPADA RASUL RASUL ALLAH
Keywords:
Cross Word PuzzleAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang menggunakan model dan media pembelajaran yang kurang menarik mengakibatkan minat belajar siswa menjadi rendah. Selain itu, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru. Pembelajaran menggunakan penerapan model pembelajaran aktif tipe crossword puzzle ini diharapkan siswa mudah memahami materi yang disampaikan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penulisan karya Ilmiah ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran crossword puzzle dslam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada Rasul-rasul Allah di kelas VIII B SMPN 11 Tanjung Jabung Timur?.
Penelitian ini mengunakan prosedur metodologi penelitian karya ilmiah yang berstandar , sistematis dalam penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran aktif tipe crossword puzzle menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah memahami materi pembelajaran.Selain itu, dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.B pada materi Iman kepada Rasul Rasul Allah. Pencapaian hasil belajar siswa 81,48 %, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus yang pertama yang hanya sebesar 40,74 % atau meningkat sebesar 40,74 % atau jika dibandingkan dengan sebelum menggunakan model pembelajaran crossword puzzle dari 33,33% menjadi 81,48% terjadi peningkatan sebesar 48,15%. Pencapaian pada siklus kedua ini mengalami peningkatan terhadap semua aspek yang diteliti. Pada pertemuan siklus kedua ini terjadi pula pada hasil penilaian dari pembelajaran yang dilaksanakan, dan hasilnya juga sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti. Dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran aktif tipe crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.B SMPN 11 Tanjung Jabung Timur mengalami peningkatan. Dengan kata lain pengunaan model pembelajaran yang sesuai akan membantu meningkatkan hasil belajar siswa.