PENERAPAN STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION PADA MATERI ZAKAT

Authors

  • Sri Rahmadhena SMP Negeri 1 Muara Bungo, Jambi

Keywords:

Strategi Learning Start with a Question

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan kurangnya aktivitas siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam adalah dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ).

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa?" Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Learning Start with a Question (LSQ) dan untuk mengetahui aktivitas serta hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan zakat siswa kelas IX-8  SMPN 1 Muara Bungo. Hipotesis yang dikemukakan adalah penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan strategi Learning Start with a Question (LSQ) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang menggunakan strategi Learning Start with  Question (LSQ) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dengan menggunakan metode konvensional.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, Analisis Reflektif. Data lapangan dikumpulkan melalui observasi, angket dan data dokumentasi. Data yang telah didapatkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan pertama rata-rata nilai aktivitas belajar siswa adalah 36,67% dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua yaitu 54%. Hasil belajar siswa 75,35 pada observasi awal menjadi 80,37 pada akhir siklus I. Ketuntasan belajar klasikal juga meningkat yang semulanya 51,76% menjadi 66,67%. Pada siklus II pertemuan pertama rata-rata nilai aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 74,66% dan mengalami peningkatan lagi pada pertemuan kedua yaitu 85,33%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 80,37 pada akhir siklus I menjadi 86,27. Selain itu ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan dari 66,67% pada akhir siklus I menjadi 93,33%. Penelitian ini telah meningkatkan aktifitas belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan zakat. Hasil belajar siswa juga meningkatkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ini

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles