OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA FILM ANIMASI DALAM MENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI TENTANG NAJIS
Keywords:
Pembelajaran Daring, Media Film AnimasiAbstract
Beberapa metode belajar yang dapat dilakukan pada saat pandemi Covid-19 salah satunya yaitu pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan jaringan internet dengan sistem belajar jarak jauh. Metode pembelajaran ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa media, baik media cetak maupun non cetak seperti penggunaan video pembelajaran. Keragaman model media pembelajaran yang memiliki peran mengantikan guru dalam menjelaskan materi pelajaran adalah video. Seperti halnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terlebih spesifik materi Thaharah bab Najis pada saat pembelajaran normal guru bisa menggunakan metode observasi atau praktek langsung turun kelapangan mengajarkan tata cara membersihkan najis, tetapi karena kondisi pembelajaran tidak tatap muka karena kondisi pandemic covid 19 tidak bisa mempraktekan secara langsung, sehingga pemanfaatan media pembelajaran dirasa sangat efektif untuk mengatasi masalah pembelajaran daring yang memerlukan praktek. Oleh karena itu, media audio-visual dalam bentuk film/video diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pembelajaran dikarenakan media audio-visual merupakan media yang dapat menampilkan unsur gambar dan suara secara terpadu pada saat mengkomunikasikan pesan atau informasi.