PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DALAM BENTUK AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 60 BENGKULU UTARA
Keywords:
Hasil Belajar, Media Power Point, Audio Visual, PAIAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran komputer
pada program aplikasi Power Point dalam bentuk Audio Visual di SMP Negeri 60 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan model siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan data test hasil belajar dan data observasi. Sedangkan Teknik analisi data mengunakan hasil belajar peserta didik (test) dengan rumus persamaan rata-rata dan dan rumus persentase ketuntasan belajar (KB) sedangkan hasil observasi peserta didik menggunakan tabel skor penilaian.
Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media Power Point dalam bentuk Audio Visual pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 60 Bengkulu Utara. Dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata siswa yang menunjukkan peningkatan dari
siklus I ke siklus II yaitu dari 76,5 pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 90. Kemudian dari hasil persentase ketuntasan belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, di mana pada siklus I
persentase ketuntasan belajar adalah 75% siswa yang mendapat nilai ≥ 72, dan meningkat pada Siklus II menjadi 95% siswa yang mendapat nilai ≥ 72. Pada siklus I aktifitas peserta didik mendapatkan skor 14,45 yang tergolong dalam
baik, kemudian meningkat pada siklus II mendapatkan angkat 17,55 yang masuk ke dalam kategori sangat baik.