UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI SHARING DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 CEMPAKA

Authors

  • Zharifuddin SD Negeri Cempaka, Kalimantan Selatan

Keywords:

Pembelajaran Sharing, Media, Audio Visual

Abstract

Berdasarkan hasil pra tindakan pada materi Meningkatkan Keimanan kepada Kitab-kitab Allah Swt didapat prosentase ketuntasan klasikal kelas adalah 46,15% dengan rata-rata kelas 67,11. Rendahnya kemampuan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini kemungkinan disebabakan pola pembelajaran guru yang hanya mengandalkan pembelajaran langsung dengan metode ceramah sehingga siswa kecenderungan bosan dan kurang antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran sharing dan media audio visual pada materi Meningkatkan keimaman kepada Kitab-kitab Allah Swt kelas V SDN 1 Cempaka Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar siswa dan aktivitas belajar dalam proses pembelajaran materi Meningkatkan Keimanan kepada Kitab-kitab Allah Swt. Penelitian ini  dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan : (1) menyususn rencana kegiatan, (2) melaksanakan tindakan, (3) observasi, (4) analisis yang dilanjutkan dengan  refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut hasil observasi peneliti bahwa didapatkan data bahwa ada kenaikan signifikan nilai rata-rata kelas terhadap materi Meningkatkan Keimanan kepada Kitab-kitab Allah Swt setiap siklus, dimana ratarata siklus I mencapai 74,88 dan siklus II mencapai 80,46.

Dengan ketuntasan klasikal dari prasiklus sampai siklus II masing-masing 60%, 65,38% dan 88,46%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui Model Pembelajaran Sharing dan Media Audio Visual pada materi Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt di kelas V SDN 1 Cempaka Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Published

2024-02-24

Issue

Section

Articles