PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Kecerdasan Emosional Spiritual, PerhatianAbstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada beberapa rumusan masalah yakni ingin mengetahui seberapa besar pengaruh: 1) Apakah Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin?, 2) Apakah Kecerdasan Spiritual berpengaruh signifikan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin?, 3) Apakah Perhatian Orang Tua berpengaruh signifikan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin?, 4) Apakah Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perhatian Orang Tua secara simultan/bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Subjek Penelitian dalam penelitian ini sebanyak 177 siswa, teknik pengumpulan sampelnya peneliti menggunakan teknik sensus atau sampling jenuh, yaitu teknik penentuan sampel bila semua populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data berupa angket (kuesioner) dan dokumentasi, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket skala likert Adapun dokumentasi yang digunakan sebagai sarana mengumpulkan data penelitian yang ada kaitannya dengan permasalahan dalam penelitian ini, yaitu hasil evakuasi belajar/raport. Analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan Emosional berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin memiliki nilai probality signifikansi 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,01 sehingga dapat disimpulkan variabel Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin secara parsial, 2) Kecerdasan Spiritual tidak berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin memiliki nilai probality signifikansi 0,044 yaitu lebih besar dari 0,01 sehingga dapat disimpulkan variabel Kecerdasan Spiritual tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin secara parsial, 3) Perhatian Orang Tua berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin memiliki nilai probality signifikansi 8.4 persen yaitu lebih kecil dari 0,01 sehingga dapat disimpulkan variabel Perhatian Orang Tua tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin secara parsial, 4) Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perhatian Orang Tua berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Prestasi Belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0,05. Kemudian model penelitian mampu menjelaskan dari perubahan Prestasi Belajar sebesar 34,7%.