PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI METODE DISKUSI KKG DI SDN BAKARUNG SELATAN 1 KECAMATAN ANGKINANG KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Authors

  • Arpani Kantor Kementerian Agama Kab. Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan

Keywords:

Kemampuan Guru, Lingkungan Sekolah, Metode Diskusi

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini pada dasarnya ingin mengetahui, apakah melalui Metode Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui metode diskusi KKG di SDN Bakarung Selatan 1 Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan model penelitian yang dirancang dengan model siklus, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamatai dan melakukan refleksi. Tahapan ini terus berlangsung pada setiap individu sampai permasalahan dalam menerapkan Metode Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui metode diskusi KKG di SDN Bakarung Selatan 1 Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan dapat dilaksanakan dengan baik. Hasil analisis data guru dalam menerapkan Metode Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan  sekolah sebagai sumber belajar melalui metode diskusi KKG di SDN Bakarung Selatan 1 Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yaitu dari 9 orang guru yang terlibat, 6 orang guru sudah mendapat skor dengan katagori “baik” sedangkan 3 orang dengan katagori “cukup”. Kemudian dilanjutkan dengan tindakan siklus II yang hasilnya ada peningkatan ke arah yang lebih baik yaitu 75% guru sudah mendapatkan katagori baik dengan skor

rata-rata 80 – 89. Hal ini sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan, perolehan nilai rata-rata peningkatan kemampuan guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, yaitu nilai rata-rata observasi hasil kegiatan diskusi 79,11 di siklus I menjadi 84,88 di siklus II ada peningkatan 5,5. Kegiatan  penyusunan skenario  pembelajaran nilai rata-rata 78,75 di siklus I menjadi 82,50, siklus II ada peningkatan 3,75. Kegiatan pembelajaran atau dalam proses belajar mengajar nilai rata-rata 78,33, di sklus I menjadi 82,08 di siklus II, ada peningkatan 3,75. Dengan demikian, diharapkan kepada guru-uru SDN Bakarung Selatan 1 agar menerapkan Metode Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui metode diskusi KKG di SDN Bakarung Selatan 1 Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Downloads

Published

2024-02-24

Issue

Section

Articles