MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYEBUTKAN TUGAS-TUGAS MALAIKAT ALLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SMPN 4 BATUMANDI
Keywords:
Hasil Belajar, Tugas-tugas Malaikat Allah, Make- A MatchAbstract
Tujuan penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak siswa yang masih belum aktif dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam hal itu disebabkan kurangnya pemanfaatan media, metode atau model pembelajaran yang diterapkan di kelas, sehingga materi yang disajikan belum tercapai sesuai apa yang diharapkan. Oleh karena itu, guru harus merespon dengan sikap yang positif untuk membangkitkan partisipasi siswa, baik dalam bentuk tindakan nyata. Guru harus dapat menumbuhkan motivasi siswa, baik itu motivasi untuk menyampaikan pertanyaan, pendapat, usul, sanggahan atau jawaban termasuk partisipasi mengikuti pelajaran dengan baik dan dengan kesadaran penuh atas dasar kebutuhan karena mereka menyenanginya.
Hasil analisis data observasi dalam pembelajaran sebelum menerapkan model pembelajaran Make A Match masih banyak siswa yang lambat memahami atau menyebutkan tugas-tugas malaikat dengan tepat, dikarenakan metode yang digunakanya hanya metode ceramah dan metode demontrasi. Hal tersebut dilihat dari total keseluruhan siswa yang berjumlah 28 orang hanya 11 orang yang mampu menyebutkan dengan benar. Setelah menggunakan model pembelajaran Make A Match di mana hasil belajar yang mulanya hanya 11 orang (39,3%) menjadi 23 (82,1%).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran Make A Match hasil belajar siswa khsususnya dalam menyebutkan tugas-tugas Malaikat meningkat.