MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BJB PADA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI MANTIMIN 2
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Huruf Hijaiyah, Media Pembelajaran BJBAbstract
Permasalahan yang muncul di Sekolah Dasar Negeri Mantimin 2 yaitu siswa yang kurang fokus dan semangat dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama islam sehingga pembelajaran yang disampaikan mudah terlupakan oleh siswa. Mereka sering berbicara dengan sesama teman atau saling bercanda. Dari 8 orang siswa yang selalu fokus dan dapat mengkikuti pelajaran dengan baik hanya ada 3 orang, sedangkan yang lainnya belum mampu fokus dalam mengikuti pelajaran. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan yang muncul, guru berinisiatif membuat sebuah media pembelajaran yang fleksibel, nyaman dan aman digunakan serta mudah untuk didapatkan. Media pembelajaran yang menjadi solusi untuk mengatasi permasalah tersebut yaitu dengan media BJB.
Seharusnya dengan kegiatan pembelajaran yang telah disampaikan, siswa mampu melafalkan dan mengenal huruf-hirif hijaiyah karena materi pembeljaran ini telah disampaikan pada semester 1 dan sudah beberapa kali di ulang, namun dari beberapa kali pengulangan siswa masih belum mampu menunjukkan huruf-huruf hijaiyah dengan benar.
Setelah dilakukan observasi, siswa SD Kelas 1 dalam kegiatan pembelajarannya masih memerlukan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sambil bermain. Oleh karena itu penulis menggunakan media BJB untuk menarik perhatian siswa dalam belajar, selain itu pembelajaran melalui media BJB juga melibatkan siswa secara aktif dalam mengikuti rangkaian pembelajaran. Menggunakan media pembelajaran BJB ternyata mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam mengenal huruf hijaiyah. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan pada refleksi yang mana siswa mampu menjawab dengan tepat apa yang dipertanyakan penulis kembali tentang materi huruf hijaiyah yang telah disampaikan dan siswa mampu menjawab hasil ulangan harian dengan tepat. Setelah materi pembelajaran disampaikan melalui kegiatan BJB, siswa lebih aktif. Dari 8 orang, 7 orang siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal atau sekitar 87,5 % tingkat keberhasilan. Dengan media pembelajaran BJB kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah tercapai dengan baik. Selain digunakan pada materi huruf hijaiyah, media BJB juga dapat digunakan pada materi pelajaran yang lainnya. Oleh karena itu, dengan media BJB ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas 1 SD Negeri Mantimin 2.