MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHALAT BERJAMAAH MELALUI METODE MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS VIIA SMPN 5 BELAWANG

Authors

  • Ainun Nikmah SMP Negeri 5 Belawang, Barito Kuala, Kalimantan Selatan

Keywords:

Belajar, Mengajar, Modelling The Way

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode atau model tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: a) Apakah melalui metode modelling the way  aktivitas belajar siswa materi shalat berjamaah kelas VIIa SMP Negeri 5 Belawang dapat ditingkatkan? b) Apakah melalui metode modelling the way aktivitas mengajar guru materi shala berjamaah kelas VIIa SMP Negeri 5 Belawang ditingkatkan? c) Apakah melalui metode modelling the way hasil belajar siswa materi shalat berjamaah kelas VIIa SMP Negeri 5 Belawang dapat ditingkatkan?

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) Apakah melalui metode modelling the way  aktivitas belajar siswa materi shalat berejamaah kelas VIIa SMP Negeri 5 Belawang dapat di tingkatkan? 2) Apakah melalui metode modelling the way  aktivitas mengajar guru materi shalat berjamaah kelas VIIA SMP Negeri 5 Belawang dapat ditingkatkan? 3) Apakah melalui metode modelling the way hasil belajar siswa materi shalat berjamaah kelas VIIa SMP Negeri 5 Belawang dapat ditingkatkan.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action  research) sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu:

perencanaan, kegiatan dan pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIIa. Data yang diperoleh berupa , lembar observasi aktivitas siswa  dalam belajar , aktivitas guru dalam mengajar, dan hasil belajar siswa (tes formatif). Dari hasil analisis didapatkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I pertemuan 1(60% cukup aktif) dan pertemuan 2 (65% cukup aktif) siklus II, pertemuan 3 (50% aktif)  dan pertemuan 4 (70% sangat aktif), dan hasil observasi aktivitas mengajar guru siklus I, pertemuan 1 (60% cukup baik) ,  pertemuan 2 (75%  baik) dan siklus II, pertemuan 3 (80%  sangat baik) dan pertemuan 4 (85%  sangat baik). Begitu pula halnya dengan hasil belajar juga mengalami peningkatan  yaitu  dari  hasil siklus I pertemuan 1 yang tuntas (55%), petemuan 2 yang tuntas (60%) dan siklus II pertemuan 3 yang tuntas (75%), dan pertemuan 4 yang tuntas  (85%). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui metode  modelling the way   berpengaruh positif terhadap  aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru,  dan hasil belajar siswa,  dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam materi shalat berjamaah.

Downloads

Published

2024-02-24

Issue

Section

Articles